Kesopanan dalam Budaya Perancis (La Politesse En France)
Picture Source



Setiap negara pastilah memiliki tata krama yang berlaku dalam pergaulan sehari-hari. Tak terkecuali Perancis, negara yang terkenal dengan menara Eiffel dan kilau keindahan kota-kotanya. Bagaimana orang Perancis merayakan ulang tahun? Apakah menelepon setelah pukul 10 malam tidak apa-apa? Apa yang harus dilakukan saat bertemu teman atau rekan kerja? Pertanyaan-pertanyaan itu mungkin mulai berseliweran di kepala kamu. Yah, siapa tahu kamu hendak berlibur ke Perancis atau bahkan menetap di sana untuk keperluan studi, misalnya, bukan? Nah, berikut beberapa tata krama kesopanan di Perancis yang mungkin saja bermanfaat untuk kamu.

1.      Ketika berada di toko.
Saat memasuki toko, sebagai pembeli biasakanlah untuk menyapa lebih dulu. Karena terkadang si penjual tidak menyapa lebih dulu. Kamu bisa mengucapkan sapaan "bonjour" atau "bonsoir". Dan jangan lupa untuk tersenyum ya, sebab orang Perancis itu sangat ekspresif, lho.

2.      Ketika berada di restoran.
Bagaimana cara kita memesan hidangan saat berada di restoran? Jika ingin memesan di restoran, biasanya orang Perancis akan memanggil pelayan dengan sebutan "le garçon!" (Pelayan). Kemudian, gunakan bahasa yang sopan saat berkomunikasi dengan pelayan. Pelayan restoran di sana terkenal sangat informatif lho. Misalnya kamu bertanya "Foie grass itu apa?” Nah, nanti si pelayan akan menjelaskan komposisi makanan itu serta garis besar cara memasaknya. Hebat, kan?

Maka dari itu, berbicara dengan pelayan pun harus dengan cara yang sopan/formal. Gunakan sapaan “vous”, dan kalau bisa gunakanlah grammaire conditionnel present selama percakapan berlangsung.

3.      Tata krama menelepon.
Perlu diketahui, menelepon seseorang di atas pukul 10 malam merupakan perilaku yang dianggap tidak sopan. Sekalipun itu kamu lakukan dengan orang yang kamu kenal baik. Kecuali kalau sebelumnya kamu telah janjian hendak menelepon di atas pukul 10 malam kepada orang yang kamu kenal baik. Mengapa demikian?

Sebab jam tidur orang Perancis adalah pukul 10 malam. Jadi, pada saat pukul 10 malam, mereka akan mematikan lampu di rumah mereka meski mereka belum mau tidur. Toko-toko di kota selain Paris atau kota besar lain pun akan tertib secara serentak tutup pada pukul 10 malam. Hati-hati, toko tak akan berbaik hati melayani kamu di atas pukul 10 malam sekalipun kamu bilang butuh banget.

4.      Pada saat ulang tahun.
Apa yang harus kamu ketahui saat orang Perancis berulang tahun? Saat ulang tahun, si penerim kado harus membuka kadonya di depan si pemberi. Kemudian, pada saat itu juga berilah pendapat tentang kado tersebut. Ini sudah menjadi kebiasaan mereka lho. Bahkan jika kamu lupa membuka kadonya, mereka akan terus menunggu sampai kamu membukanya. Haha!

5.      Bertemu seseorang.
Saat bertemu orang yang kita kenal, haruskah menyapa lebih dulu? Saat bertemu orang yang dikenal jangan sungkan untuk langsung menyapa. Orang Perancis terkenal sangat ramah. Tetapi ingat, jangan terlalu kepo urusan pribadi orang lain. Bertanya hal-hal yang bersifat pribadi kepada orang Perancis seperti bertanya umur, berat badan, dan agama dianggap tidak sopan. Kecuali jika mereka sendiri yang cerita.

6.      Undangan makan.
Saat kita diundang makan di rumah teman, perlukah kita membawa makanan? Perlukah kita membantu teman saat menyajikan makanan atau beres-beres setelah makan? Nah, saat diundang makan, untuk tata krama kesopanan sebaiknya kita membawa sesuatu ke tempat undangan. Biasanya orang Perancis minimal membawa cokelat, wine, champagne, atau bouquet. Sementara itu, apabila acara makan-makan telah selesai, kamu boleh membantu beres-beres jika memang diperlukan.

7.      Mengucapkan selamat hari raya.

Pada saat ulang tahun, orang Perancis biasanya berdoa dan mengungkapkan harapan-harapan untuk mereka yang berulang tahun. Begitupun pada hari raya, orang Perancis biasa mengucapkan selamat hari raya disertai doa-doa dan harapan.


Nah, demikianlah bahasan budaya untuk kesempatan kali ini. Selalu ingat bahwa di manapun kita berpijak pandailah menempatkan diri dengan menghargai norma dan tata krama yang ada. Tetapi jangan juga lupa pada budaya di mana kita dilahirkan. Ã€ plus tard!

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.