Olahraga adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk melatih tubuh dan menjaga kesehatan kita. Namun Olahraga juga dapat dianggap sebagai suatu hobby yang menyenangkan dan bahkan sebagai suatu kegiatan yang dapat meraih prestasi yang membanggakan keluarga, daerah dan negaranya.

 

Nah Spekters tahu gak nihh,,,

Bulan September adalah bulan kelahiran Haornas (Hari Olahraga Nasional) lohh… Tepatnya di tanggal 9 September 1948. Haornas ditetapkan berdasarkan pada tanggal pembukaan PON ke-1 di Surakarta pada 9-12 September 1948, yang terbentuk akibat kegagalan atlet Indonesia untuk berlaga di kancah internasional. Untuk tahun 2020 ini, Haornas ke-37 diperingati di tengah pandemi.

 

Cabang olahraga yang ada di Indonesia dan berbagai negara di dunia ada sangat banyak macamnya. Mulai dari olahraga yang gampang buat dimainkan, sampai olahraga-olahraga yang mempunyai risiko tinggi bagi para pelaku atau pemain olahraga itu sendiri.

 

Spekters pasti sudah hafal dengan olahraga sepakbola, voli, basket hingga bulu tangkis yang jadi cabang olahraga di seluruh dunia. Tapi tahu gak nih Spekters, olahraga zaman dahulu itu seperti apa, yukk di simak berikut ini,

 

TUG OF HOOP



Seperti yang kita ketahui bersama nih spekters, bahwa mesir adalahh salahsatu Negara cikal bakal pusat peradaban di dunia. Begitu pula dengan olahraga yang sudah tak asing lagi bagi kita. Sebut saja marathon, senam, memancing dan memanah yang merupakan cabang olahraga yang sudah ada di zaman Mesir kuno.

 

Olahrga Tug of Hop ada sejak 3000-1000 SM dan dimainkan oleh dua orang pemain, masing-masing pemaiin tersambung oleh sebuah tali yang saling berhubungan dengan lingkaran di bagian tengahnya. Kedua pemain harus saling menarik hingga salah satu pemain atau lawan terjatuh. Olahrga Tug of Hoop ini juga bisa disebut sebgai cikal olahraga atau permainan tarik tambang (Tug of War).

 

MESOAMERICAN BALL GAME



OLahraga yang satu ini termasuk salah satu olahraga yang mengerikan. Mesoamerican Ball Game ada di di era orangorang Pra-Columbus di Mesoamerika Kuno Sejak tahun 1650 SM. Olahraga ini menggunakan bola sebagai sarana bermain. Akan tetapi, bola yang digunakan cukup berat bahkan berpotensi untuk mencederai pemain. Pada beberapa kasus bahkan ada pemain Mesoamerican Ball Game sampai meninggal dunia. Bola itu terbuat dari karet padat dan beratnya mencapai 4 kg, dan ukurannya sangat berbeda dari waktu ke waktu.

 

Aturan dalam olahraga ini yaitu pemain harus memukul bola atau mengarahkan bola dengan menggunakan pinggulnya. Meskipun beberapa versi mengizinkan penggunaan lengan bawah, pemukul, atau batu tangan.  Konon olahraga ini dilambangkan sebagai pertarungan antara dewa dan iblis. Ballgame Mesoamerika dikenal dengan berbagai nama. Dalam bahasa Inggris sering disebut pok-ta-pok (atau pok-a-tok

 

NAUMACHIA



Naumachia dalah olahraga yang difavoritkan oleh bangsa Romawi kuno pada tahun 46 SM yang diberikan oleh Julius Caesar di Roma. Naumachia juga hampir sama dengan pertarungan sampai mati para gladiator. Bedanya, olahraga Naumachia menampilkan pertempuran laut sungguhan yang dilakukan di Colosseum. Arena Colosseum bisa dibanjiri dengan air, sehingga menampilkan medan laut yang sangat asli. Kabarnya, perahu yang tenggelam seakan seperti perahu berwarna merah karena banyaknya lumuran darah dari para petarung yang tewas.

 

Prinsip olahraga ini sebenernya adalah peperangan. Terdapat dua kapal dimana mereka saling menyerang satu sama lain parahnya, permainan hanya dapat diberhentikan dan dianggap selesai apabila salah satu pemain dari kapal tersebut sudah ada yang tewas.

 

GLADIATOR COMBAT



Seram, brutal dan penuh cucuran darah, yup… itulah hal pertama yang terbayang di benak kita saat mendengar olahraga ini. Olahraga atau mungkin bisa disebut dengan pertarungan sengit yang popular pada era Romawi Kuno pada tahun 3 SM. Gladiator disebut sebagai olahraga paling brutal sepanjang sejarah. Pada awalnya pertandingan gladiator dilakukan untuk ritual mempersembahkan darah di area pemakaman raja-raja Romawi Kuno. Akan tetapi, lama kelamaan gladiator dijadikan sebagai ajang kompetisi dan pertunjukan para budak laki-laki yang terlatih.

 

Gladiator, "ahli pedang", dari kata gladius, "pedang" adalah petarung bersenjata yang melakukan pertarungan untuk menghibur para penonton di Republik Romawi dan Kekaisaran Romawi. Mereka bertarung melawan sesama gladiator, binatang buas dan narapidana. Pertandingan gladiator rata-rata berlangsung sdalam kurun 10-15 menit. Bahkan petarung gladiator di era tersebut terdapat tempat pelatihan khusus. Hingga akhirnya raja-raja menggunakan patarung gladiator sebagai tentara untuk mlindungi mereka. Pertunjukan Matador adalah salah satu perkembangan olahraga dari gladiator.


CUJU



Cuju atau Tsu' Chu adalah sebuah cabang olahraga kuno dari China. yang berasal dari kata Kanton "chuk-ko". Cuju memiliki cara bertanding dan permainan yang mirip dengan sepakbola. Cuju sendiri digadang-gadang sebagai pelopor olahraga sepakbola tertua di dunia. Yup olahraga ini di ada di Negara dengan penduduk terbesar didunia sejak 2000th yang lalu atau lebih tepatnya abad ke-3 sampai k-2 SM. Popularitasnya memuncak pada masa pemerintahan Tang (618-907) dan Dinasti Song (960-1279).

 

Perbedaan olahraga Cuju atau bisa disebut Spakbola Zaman Old dengan Sepakkbola Zaman now adalah gawang. Yup jika sepakbola modern harus memasukan bola ke gawang lawan yang menapak ditanah, tidak demikian dengan Cuju. Gawang Cuju cukup unik karena jaring-jaring gawangnya tidak menapak diatas tanah melainkan berada diatas dengan ketinggian yang hampir menyerupai ring basket. Pemain harus menendang bola setinggi-tingginy agar dapat mecetak rekor terbaru.

 

KALARIPAYATTU



Kalaripayattu adalah salah satu cabang olahraga seni dan beladiri asal India. Olahraga ini mirip dengan Judo. Kalaripayattu sendiri dibawa oleh pemuka-pemuka agama Budha pada 3000th yang lalu. Para biksu membawa Kalaripayattu sebagai sarana untik menyebar ajaran agma budha.

 

Olahraga Kalaripayattu terdiri atas latihan menggunakan senjata, berlatih dengan pedang, perisai, bambu, stik, dan pisau. Namun penggunaan pedang dan benda-benda tajam lainnya biasanya baru digunakan jika Anda sudah profesional. Perkembangan dari olahraga ini adalah Anggar yang sama2 menggunakan sarana pedang.


SUMO



Sumo adalah salah satu olahraga unik di dunia yang berasal dari Negara Jepang. Yup olahraga ini biasa kita sebut gulat ala Jepang yang ada sejak abad ke-8. Meski sempat tertidur selama 1500th namun pada akhirnya dipertandingkan kembali oleh kekaisaran Jepang dan disahkan menjadi olahraga professional pada tahun 1600-1868. Bentuk awal sumo dikenal dengan sebutan Sumai. Sumo dalam bentuk yang dikenal sekarang ini mungkin berbeda dengan "sumo" pada zaman dulu. Pegulat sering bertarung sampai mati.

 

Selama perjalanannya, sumo telah mengalami banyak perubahan baik dalam ritual hingga aturan-aturan dalam pertandingan. Cara bermain olahraga gulat sumo ini sangat mudah namun begitu berat, si pesumo atau yang biasa disebut Rikishi hanya perlu mendorong lawannya hingga keluar dari lingkaran atau menjatuhkan bagian badan lawan ke matras. Pegulat sumo juga mempunyai ciri khas berbadan besar. Semakin besar badannya semakin besar peluangnya untuk menang di pertandingan.

 

 

CAMEL JUMPING



Yup… seperti namanya, olahraga ini seperti lompat tinggi namun dengan cara meloncat melewati beberapa unta yang berbaris. Olahraga yang berasal dari suku Zaraniq yang tinggal di pantai barat Yaman ini sudah ada sejak zaman dahulu kala, namun sempat hampir terlupakan.

 

Inti dari olahraga ini adalah lari secepat mungkin untuk kemudian melompat dan melintasi sebanyak mungkin unta yang sedang berbaris. Pemenangnya adalah orang yang meloncati barisan unta yang terbanyak. Sebelumnya, para peserta loncat unta memakai pakaian tradisional warna biru yang digulungkan di sekitar pinggang sebelum mereka meloncat. Untuk sekarang acara loncat unta biasanya berlangsung ketika ada acara pernikahan dan al-Khamis, yaitu festival tahunan yang menandai berakhirnya musim sawit, serta diiringi oleh tarian dan nyanyian

 

 

 

FAHOMBO



Nah olahraga yang satu ini merupakan olahraga tradisional khas Indonesia. Fahombo atau yang sering kita dengar dengan sebutan “Lompat Batu Nias” adalah salah satu Olahraga yang berasal dari daerah NIas Sumatra Utara yang perlu dilestarikan. Fahombo oleh masyarakat Nias disebut juga dengan Hombo Batu.

 

Anak laki-laki Nias wajib untuk mengikuti tradisi olahraga lompat batu ini jika ingin diakui kedewasaanhya. Sejak berusia 10th anak-anak laki di Nias dipersiapkan sedini mungkin untuk dapat melewati tradisi Fahombo dengan sukses.

Sarana yang harus dilewati yaitu berupa tugu atau monument yang terbuat dari baaaatu yang tingginya tidak kurang dari 2m. sedangkan panjang dan lebarnya masing-masing adalah 90cm dan 60cm dengan mengerucut keatas. Perkembangan dari Fahombo adalah Lompat Tinggi dan Lompat Kangkang (Straddle Vault).

 

 

NAhh Spekters,,, itulah beberapa olahraga yang dilakukan orang-orang diberbagai negara pada zaman dahulu, kira-kira spekters ingin mencoba olahraga yang mana nih ?

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.