Assalamualaikum wr wb

Berhubung ini bulan Ramadhan, apa salahnya kita sedikit mengenal bagaimana muslim Jepang menyebutkan istilah-istilah dalam Islam di bahasa mereka.

Kita tahu, bahasa Jepang adalah rumput bahasa Turkic Altai, yang serumpun dengan bahasa Mongol, Kirgiz, Tajikh, Turkmen, Kazakh bahkan sampai bahasa Turki ( Bahasa-Bahasa Asia Tengah ). Namun pada perkembangannya bahasa ini mengalami isolasi pengaruh luar selama berabad-abad sampai masuknya pengaruh bahasa Mandarin dari Cina, dengan masuknya huruf Cina ( Kanji ).

Maka kita akan mengenal bahwa orang Jepang sedikit kesulitan mengucapkan bahasa asing, dan mereka akan menyesuaikan bahasa itu dengan lidah mereka.

ISTILAH ISLAM YANG DIBAHASAKAN JEPANG

1. Sholat = Reihai / 礼拝/れいはい

Muslim Jepang sering menggunakan kata Reihai / れいはい untuk menyebut aktifitas Sholat mereka.

Reihai berasal dari dua buah Kanji yaitu

Rei / 礼 : Ruh / Rohani / Kerohanian

Hai / 拝 : Aktifitas / ritual

Jadi Reihai adalah sebuah aktifitas ruh atau rohani. Dalam pengertian bahasa Reihai artinya Ibadah, karena ibadah adalah sebuah aktifitas dimana seorang manusia sebagai makhluk mempunyai kesadaran akan hubungan dengan Allah SWT sebagai sang Khaliq. Aktifitas inilah yang disebut Ruh dalam artian Rohani atau kerohanian.

Pengertian Rei / 礼 yang diartikan sebagai Ruh, berbeda dengan kata Inochi / 命 yang berarti Nyawa atau hidup atau Ruh. Karena Inochi / ruh, lebih bersifat hal-hal yang berkaitan dengan rahasia hidup, atau semacam hal yang menyebabkan kehidupan. Pada perkembangannya kata Inochi lebih diartikan sebagai Hidup yaitu sinonim bagi Jinsei / 人生 dan Ikiru / 生きる yang berarti juga hidup.

Misal :

Sholat Subuh : スブフー礼拝 / 夜明けの礼拝 : Subu-fu reihai / yoake no reihai

Sholat Duhur : ズフルー礼拝 / 正午過ぎの礼拝 : Zufuru reihai / shougo sugi no reihai

Sholat Ashar : アサール礼拝/ 午後の礼拝 : Asa-ru reihai / gogo no reihai

Sholat Magrib : マガリーブ礼拝 / 夕方の礼拝・日没の礼拝 : Maga-ribu reihai / yuugata

Sholat Isya : イーサ礼拝 / 夜の礼拝 : Isa reihai / yoru no reihai

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.