Berikut adalah hasil wawancara sabekasi.com dengan Ketua Faktabahasa Regional Bekasi mengenai kegiatan komunitas Faktabahasa Bekasi.

Rajin 'Clubbing', Bikin Lancar Bahasa Asing

  • Sunday 07 February 2016 20:17
Suasana pembelajaran komunitas Fakta Bahasa (Faba) Bekasi.
Sabekasi.com, Bekasi Timur - Menguasai bahasa asing merupakan kebanggaan tersendiri. Apalagi saat ini sudah memasuki era pasar bebas. Tentunya dibutuhkan kecakapan berbahasa asing guna bersaing di skala global.
Tak perlu mengikuti kursus atau pelatihan bahasa. Cukup bergabung dengan komunitas Fakta Bahasa (Faba) Bekasi, kita bisa lancar berbahasa asing.
Komunitas ini didirikan untuk mengakomodasi para pemuda dalam mempelajari bahasa dan budaya Indonesia serta negara lainnya. Didirikan pada tahun 2012 oleh Erlangga Greschinov, seorang mahasiswa asal Bandung.
"Awalnya hanya berupa akun twitter @faktabahasa yang sering sharing tentang bahasa dan budaya. Melihat antusias yang cukup besar, akhirnya dijadikanlah komunitas yang bermula di Bandung. Kini sudah merambah di kota lainnya," papar Refandi, Ketua Regional Faba Bekasi.
Kegiatan rutin dalam komunitas Fakta Bahasa Bekasi biasa disebut dengan 'Clubbing', yaitu belajar bersama serta diskusi budaya yang dimentori oleh tutor yang ahli dalam bahasa tersebut. Pilihan bahasa yang dipelajari yaitu bahasa daerah yakni Sunda dan Jawa, serta bahasa asing yang meliputi bahasa Inggris, Jerman, Italia, Belanda, Spanyol, Korea, Jepang, Esperanto, Rusia, Perancis, dan Arab.
Kegiatan Clubbing tersebut dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu. Pada hari Sabtu, bahasa yang dipelajari yaitu Jepang, Arab, Korea, dan Sunda. Sedangkan hari Minggu, bahasa Jerman, Inggris, Rusia, dan Perancis. Adapun bahasa yang paling diminati yaitu bahasa Jepang dan Inggris.
"Kita tidak hanya menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar saja, tapi juga membuat keterampilan seperti origami. Selain itu setiap Jumat malam kita adakan kajian tentang bahasa dan budaya di grup WhatsApp," ujar Refandi kepada Sabekasi.com, Minggu (7/2).
Komunitas yang memiliki motto 'internationalizing youth, breaking language barrier' ini juga sering melakukan kegiatan di luar seperti outbond dan bermain games untuk melatih kelancaran berbahasa.
Faba Bekasi memiliki 17 orang tutor yang menguasai bahasa masing-masing. "Ada tutor yang masih SMA dia ngajar anak kuliahan. Jadi siapapun yang ahli di bahasa tertentu bisa jadi tutor," terangnya.
Menurutnya, kunci untuk cepat menguasai bahasa asing adalah konsisten dan memahami tata bahasanya. Kemudian diperkuat dengan kosa kata agar percakapan semakin lancar.
Kini, komunitas Faba Bekasi memiliki 60 anggota aktif yang terdiri dari pelajar, mahasiswa dan juga pekerja. Sejauh ini, kehadiran komunitras Faba Bekasi semakin diminati oleh masyarakat.
"Harapannya semoga masyarakat semakin berminat untuk belajar bahasa asing. Kita juga berusaha agar lebih bisa mengembangkan program yang tidak hanya bermanfaat untuk anggota tapi juga untuk masyarakat Bekasi," tutupnya. (Fad)


Sumber: 
http://sabekasi.com/news/detail/6/441/Rajin 'Clubbing', Bikin Lancar Bahasa Asing

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.