Assalamu’alaikum teman-teman. Masih sehat dan lancar semua kan puasanya? Syukur Alhamdulillah kalau masih lancar. Sambil mengisi waktu luang nih, Faba punya artikel menarik nih untuk kalian. Yuk silakan diintip!
Bulan Ramadan selalu menjadi waktu yang ditunggu-tunggu umat Islam di dunia. Tidak hanya di Indonesia, tradisi Ramadan di berbagai negara pun sangat berbeda antara satu dan yang lainnya.

1. Jerman

Sebagian besar umat Islam di Jerman berasal dari Turki. Maka tak heran jika atmosfer Turki akan sangat terasa di Jerman saat bulan Ramadan tiba.
Kuliner bernuansa Turki akan ada selama bulan Ramadan di Jerman. Sebut saja suus (minuman berbahan baku gula hitam), dschellab (gula dan sirup kurma), qamruddin (jus aprikot), qatayef (kue kering yang direndam sirup gula), dan kalladsch (adonan pilo isi kacang).


                                   Qatayef

2. Jepang

Umat Islam di Jepang akan berkumpul di Japan Islamic Center dan membentuk semacam panitia bulan puasa yang bertugas menyusun kegiatan yang akan digelar selama bulan Ramadan. 
Kegiatan tersebut diantaranya dialog keagamaan, majelis taklim, salat tarawih berjamaah, penerbitan buku-buku keislaman, dan masih banyak lagi. Mereka juga akan menerbitkan jadwal puasa dan mendistribusikannya ke masjid, rumah keluarga muslim, dan restoran halal di seluruh Jepang.


                     Gedung Japan Islamic Center

3. Prancis

Couronne adalah salah satu kawasan di Perancis yang dihuni banyak imigran asal Arab. Di sini saat menjelang bulan Ramadan terdapat tradisi unik, yaitu berbelanja berbagai macam pernak-pernik untuk menyambut bulan Ramadan. Biasanya penjual pernak-pernik ini banyak ditemui di Jalan Pierre Tumbot.


        Penjual makanan di Jalan Pierre Tumbot

4. Turki

Selama Ramadan, masyarakat Turki biasanya memasak makanan tradisional dengan bahan rempah-rempah asli Turki seperti gullac dan pastirma. Namun, buka puasa masyarakat Turki biasanya dimulai dengan sedikit zaitun, kurma, keju turki, roti pilihan yang biasa disebut pide, dan kopi turki hangat.


                                        Pide

5. Arab Saudi

Saat Ramadan, Arab Saudi dipenuhi para peziarah dari dalam maupun dari luar negeri yang hendak melakukan umrah. Umrah di bulan Ramadan diyakini sebagai pembersihan spiritual.


          Kondisi Masjidilharam saat Ramadhan

6. Malaysia

Bubur lambuk adalah salah satu makanan istimewa di Malaysia pada bulan Ramadan. Bubur lambuk adalah bubur beras yang berisi daging sapi cincang dan udang kering dengan rempah-rempah dasar yang terdiri dari bunga cengkeh, bunga lawang, jintan putih, kulit kayu manis, dan lain-lain. Biasanya masyarakat Malaysia memasak bubur ini secara bergotong-royong di beberapa masjid, lalu mereka membagi bubur ini kepada orang umum  dan menjadikannya sebagai makanan untuk berbuka puasa bagi para jemaah di masjid tersebut.


                               Bubur lambuk

7. Rusia

Umat Islam di Rusia umumnya berpuasa selama 17 jam penuh dan merupakan salah satu durasi puasa terlama di dunia. Selain berbuka puasa dengan kurma dan buah-buah lain, umat Islam Rusia juga menyantap makanan berupa roti yang berisi berbagai aneka masakan. Jika isinya labu atau keju, maka disebut khingalsh (Хингалш), jika terbuat dari gandum maka disebut galnash (Галнаш). Sementara untuk minuman, biasanya orang memberikan kvass (Квас), yaitu minuman tradisional Rusia non-alkohol yang dihasilkan dari proses fermentasi yang dicampur dengan perasa buah.


              Kvas, minuman tradisional Rusia

Itu tadi tradisi Ramadan di beberapa negara di dunia. Menarik sekali ya. Lalu bagaimana dengan tradisi Ramadan di daerahmu?

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.