The Japan Foundation
by : Rizky Andika Darmawan 



The Japan Foundation (国際交流基金 Kokusai Kouryuu Kikin) adalah “ Non Profit Organization “ milik Pemerintah Jepang yang beralamat di 4-4-1 Yotsuya, Shinjuku – ku, Tokyo – to 160-0004, Japan. Ada tiga konsentrasi utama dalam proyek The Japan Foundation, yaitu : 1. Art and Culture Exchange; 2. Japanese Language Education Overseas; 3. Japanese Language Intellectual Exchange.

1. Art and Culture Exchange



Dalam konsentrasi ini, The Japan Foundation memberikan berbagai informasi  dan event – event menarik mengenai budaya – budaya Internasional lainnya (yang memiliki kantor perwakilan di berbagai negara) serta juga bekerjasama dengan berbagai penggiat budaya dan musisian, baik yang sudah dikenal oleh masyarakat luas ataupun belum. Dalam konsentrasi ini, The Japan Foundation memiliki salah satu proyek yang cukup terkenal bagi pecinta music J-Pop bernama “ Kara OK Compe “, yaitu lomba menyanyi anisong (anime song) yang mana nanti pemenangnya akan diundang dan berhak mendapatkan perjalanan wisata ke Jepang selama beberapa hari.

Picture source
 
2. Japanese Language Education Overseas



Dalam konsentrasi ini, The Japan Foundation bekerjasama dengan guru dan dosen bahasa Jepang dari berbagai negara untuk meningkatkan minat dan kemampuan berbahasa Jepang masyarakat pada umumnya, dan juga memiliki  program pelatihan guru dan siswa yang di sekolahnya mempelajari bahasa Jepang. Pelatihan tersebut nantinya akan diadakan di The Japanese Language Institute Urawa maupun Kansai. Dalam konsentrasi ini juga, The Japan Foundation memiliki salah satu proyek yaitu (日本語弁論大会 Nihongo Benron Taikai / Lomba Pidato Bahasa Jepang) bagi siswa SMA dan mahasiswa asing. Dari semua pemenang di setiap kategori, nantinya akan diikutsertakan kembali untuk mengikuti lomba pidato tersebut ke jenjang yang lebih tinggi lagi, yaitu level Internasional yang biasanya diselenggarakan di Jepang, yang tentunya semakin menambah ilmu dan pengetahuan dalam berbahasa Jepang.

Picture Source 
 
3. Japanese Language Intellectual Exchange 



Dalam konsentrasi ini, The Japan Foundation memiliki kegiatan yang berhubungan dengan pertuksran intelektual secara Internasional, baik di bidang bahasa, politik, dan juga sosial. Dalam konsentrasi ini, The Japan Foundation memiliki salah satu proyek yang bernama “ HAND’s (Hope and Dream’s) “, Di Indonesia, The Japan Foundation, Jakarta melalui Divisi Japanese Studies & Intellectual Exchange (JS & IE) nya juga beberapa kali melakukan kerjasama dengan salah satu pesantren di daerah Jawa Barat, yang menandakan bahwa The Japan Foundation tidak hanya bekerjasama dan dilihat dari sisi bahasa, politik, dan juga sosial, tetapi juga melalui sisi agama.

picture source
 

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.